Kejadian-kejadian Kocak Menjelang (dan sesudah) Pernikahan Gw. (Happy 13th Aniversary My Darling)

 



    13 tahun yang lalu...ah akhirnya gw kawin juga maaak. Setelah macarin bini gw sekitar tiga bulan (aja), akhirnya gw memberanikan diri buat secara jantan melamar pacar gw jadi bini gw. Alhamdulilah yang bersangkutan mau. Entah lah dia kena pelet apa sama gw, gw juga  heran kenapa dia mau sama gw hehehe.

    Nah jadi, bini gw adalah suporter pertama gw yang nyemangatin gw untuk menulis. Dari dulu dia udah suruh gw nulis. Gw pernah punya food blog tempat jajan2 sejabodetabek, tapi karena males, blognya pun ilang entah kemana. Tapi bini gw tetep semangatin.

    Sebelomnya gw mao minta maap neh, kalau mungkin gw gak ngasih liat foto2 bini gw, trs yg ada foto2 gw doang hahahaha. Bukannya ehois, tapi bini gw sekarang udah berjilbab, dan waktu kita nikah dia masih belum berjilbab.

    Jadi harap maklum yaak. Bukan untuk konsumsi publik, hanya untuk ay seorang. Uhuy!
    
    Jadi diultah pernikahan kita tahun ini, gw persembahkan blog yg udah gw susun kurlang lebih 3 minggu. Sebenernya blog ini adalah hasil tulisan gw di FB beberapa tahun terakhir, jadi nyusunnya tinggal nambah poto2 gitu.

    Sebagai tulisan soft loncing, gw akan bercerita betapa serunya party nikahan gw dan bini gw, mulai dari lamaran, nikah sampe malem pertama, aseeek. 

LAMARAN (Soft Launching)

    Kenapa soft lauching sih? Karena gw mau ngomong serius nih ke babenya, tanpa kehadiran babe gw dulu. Intinya gw mau minta izin man to man dulu lah



    Biasanya cara2 diplomasi gini gw jadonya, tapi entah kenapa sore itu di jalan Jalak Harupat Bogor gw gemeteran bgt, gw blm pernah ngelamar anak orang. Baru aja gw melatih kata2 di ruang tamu, calon mertua dateng. Tampangnya aneh dan bingung, abis gw biasa pacaran di teras berduaan doang, kok sekarang ke ruang tamu ngajak2 bertiga?

Yth. Bpk Didi Mawardi, alias mertua gw


"Niil sehat?" Katanya ramah

"Sehat Om, alhamdulilah" jawab gw

"Naon? kok Dini bilang kamu mao ngomong sama Om?"

Duh kagak pake basa basi lagi deh ah

"Gini om.." hadeh.."anu..." si goblog..."maksutnya teh.." anyiir...

Haduh laki gini amat?. Bismilah! Btw ini pacar gw manaah? katanya mao ngomong bertiga, kenapa dia nyangkut di belakang..elaahh..panik kan.

"Saya mau minta izin om, kalau saya sama Dini bermaksud serius dihubungan kami. dan kalau Om izinin, saya bermaksud ngajak Ayah saya kesini untuk melamar" dan badan gw dingin

Heh remajaaaa, lo kira nembak cewek bikin deg2an, tunggu sampe lo ngelamar ke calon mertua, puceeeet!

    Ternyata eh ternyata pas gw beraniin liat muka doi, bukan gw doang yang pucet, mertua gw pun tampak shock! masalahnya gini, bini gw ini anak terakhir dan terkenal galak, belum pernah pacaran sama sekali. gmn mau pacaran? Semua cowok dia omelin. gak salah aja diomelin. Makanya babenya shock...mungkin dikiranya selama ini gw cuma kang ojeg pribadi kali yak?

    Tapi seperti halnya babe2 yang menjaga wibawa dia berkata dengan tenang

    "Kalau emang kamu serius, bawa ayah kamu kesin ketemu om, dan kita bicara kelanjutannya" ALHAMDULILAH YA ALLAH..uhuy rintangan terbesar terlewati, sekarang tinggal ke bapak mertua yang satu lagi...

Apa?

Gimana? gimana?

    Oie, gw lupa cerita klo bini gw itu waktu kecil ortunya cerai, jadi gw punya EMPAT calon mertua ..heboh kan...lo kira ngelamar lo susah? liat nih gw.

Nah, sekarang urusannya ke mertoku tiri gw nih, namanya Bapak Yosi, orang Ambon item galak...tapi kompak sama gw dooong. 

Ibu Mertua kandung dan Bokap mertua tiri gw, iyah looh bingung..hehehe


    Aah doi mah masalah keciiil..gw sama dia mah udah karib kentel. gimana gak karib, sebenernya doi ini blm resmi dibilang calon mertua. wong dia juga masih pacaran sama ibu mertua kandung gw (nah disini lo bingung kan?)

Jadi masa2 pacaran gw dan bini gw, sering bgt double date sama si om Yosi dan ibu kandung bini gw ini, jiaah gmn gak asik? Jadi status si om Yosi ini kira2 adalah, calon calon bapak mertua. gitu lah kira2.


"Om, ogut tadi udah bilang ke pak Didi kalau mau ngelamar" Tuh kalo sama mertua tiri, gw mah asik.

"Sukses?"

"Alhamdulilah"

"Nah bagus dah! Ati ati ye milih tanggal jangan sampe kite bentrok" ingatnya

Nah ini kejadian kocak nih, tanggal pernikahan gw dan mertua gw cuma beda seminggu. Gw tanggal 9, mereka tanggal 2 februari. Hahaha seruuu.


LAMARAN (Grand Opening)

    Tibalah saatnya emak bapak gw ngelamar ke Bogor. Ada suatu kebiasan dari alm. bokap yang gak pernah gw lupa. Doi males bgt denger yang berisik2. Waktu kuliah gw ngetik di komputer aja dia marah2 karena gak bisa tidur. Maklum jantungan.

    Pernah juga gw sama dia ribut sama tetangga, gara2 ngadain pesta sampe malem, wah seru dah, gw sama bokap udah kaya tag team WWE, 

    Nah masalahnya rumah calon mertua gw ini gede bgt dan doi tinggal sama adik adiknya alias keluarga besar. Mulai dari anak, ponakan, tante, om, cucu numplek blek di sono. Jiah, gw aja klo pacaran gak konsen, berisik bener.

    Ketika udah mulai acara, ett itu yak, ponakan bini gw, bocah2 berisik benerr...gak tau ributin apaan.Ikan asin lah, maenan robot lah au dah. 

    Bokap gw udah nahan maraah aja. duh duh..gagal kawin dah gw ini. Sabar dong beee. Dasar emang bokap kebangetn sayang sama gw kali yak? dia mencoba mengikuti ritual itu dengan sabar. Akhirnya pun sakses, tanggal pernikahan diresmikan..uhuy. tengkyu ya beeee. Untung calon mertua gw bisa diplomatis orangnya dah.

alm. Babe gw


H-1

    Gw udah ingetin tuh si tante rias penganten, klo gw paling males pake bedak dari kecil. 

"Pokoknya saya gak mau tebel2 ya tante. klo bisa malah sih gak usah pake sama sekali lah" 

Cuma bini gw protes, kata dia lo udah jelak, nanti tambah jelek..yaudahl ah gw nurut aja. Jadi gw sih percaya aja klo besok gw gak bakalan menor. Tantenya juga udah janji sepoles dua poles doangan.

    Sore itu tibalah gw dan keluarga besar di suatu wisma di bogor, sengaja pilih wisma, supaya gampang persiapannya. Jadi gw dan bini gw sewa beberapa kamar buat dua keluarga. dan ofcrots dong, sekalian kamar penganten di ujung buat maen hansip2an besoknya. Sengaja di ujung biar konsen.

Lagi2 malam weekend ini dihabiskan cekikikan bersama sang calon calon mertua gw. Eh nggak ding, doi udah nikah seminggu sebelumnya. Jadi resmi. CALON mertua gw..uhuy.

    Dan entah kenapa (gw lupa) babe gw harus sekamar sama gw, duh kasiyan dah. Gw pan tidurnya ngorok, dan lo tau babe gw gak bisa denger berisik langsung trengginas. Dan malam itu gw berusaha nahan kantuk supaya bokap tidur duluan..ah molor juga doi, gw pun nutup mata sekitar jam 12 malem dan langsung tewas menikmati malam terakhir sebagai bujangan.

Kamar gw dan bokap, tempat terakhir bujangan. Wong amerika pada bachelor party, gw malah adu ngorok sama babe.


HARI H eng ing eng

    Jem 5 pagi gw udah bangun, dibangunin kakak gw karena tante yang make up in udah dateng, duh pagi bener. biasanya jam 5 gw cuma kena aer iler doangm sekarang harus mandi dah.

    Sial bgt gw, setelah mandi entah kenapa lampu kamar gw mati. Jadi gak bisa dandan di kamar gw (cieee dandaaaaan), kamar yg lain un penuh, jadi kata tantenya, makeup-an di teras kamar aja ya (kebetulan teras kamarnya outdoor) soalnya kan udah ada sinar matahari, lanjutnya. Jiaaah perasaan gw udah gak enak, gw kan jadi gak bisa ngaca, jadi gak tau kemenoron apa nggak muka gw.

    "Tapi jgn tebel2 ya tante" kata gw panik

    "Nggak cuma dielus2 aja kok" hadeh..udah mao kawin masih ada uga yg mao elus2

    Yaudah gw percaya deh, 5 menit kagak kelar, 10 menit kagak kelar, pas di menit 12an gw udah panil, muka gw diapain sih? eh lewat deh tuh ponakan gw :

    "Ooom,kok om kayak bencong sih?" matilah!

    Setelah selesai gw langsung ngaca di kamar lain. ala maak kenapa ada reog ponorogo, huhuhuhu. Semua orang meyakainkan gw kalo itu bagus, tapi gw sebagai anak metal yang sudah teruji ketangguhannya meras dirampas hak asasinya. (Ada sih fotonya, tapi ngapain juga gw share?)

    Ini bukan maslah bencong gak bencong, cuma emang ada hubungan batin antara gw dan bedak yang saling bermusuhan dari jaman dahuu kala. Kata emak gw, dari bayi gw udah paling ogah dibedakin, umur tiga tahun gw buang2in tuh semua bedak yg ada dirumah. Percaya apa nggak, gw mual sama bau bedak. Apalagi yg switzal2 gitu, aduh eneeg. Terserah mau bilang gw balagu apalah. Wong kalo sekarang bini gw lagi bedakan gw gak mau deket2.

Musuh bebuyutan dari jaman dahulu kala

    Yasudahlah gw terima nasib gw, sedangkan turun dari atas gw liat calon bini gw cakep benerrr, duilee apa bener ni yg mao gw kawinin, uhuy! Sejenak gw lupa dandanan ondel2 gw, sampe kakak gw ngakak dan bilang :

"Cieee Angelina Sondakh mao kawin sama Ivan Gunawan" Sompret!

    Udah lah di pede2in aja, setelah calon bini berangkat duluan, menyusulah gw dengan mobil bokap. gw dibelakang terus2an ngapalin ijab kabul. Heran kalimat segini pendek ngapa gw ngakk apal2 ya? 

    Semua gara2 ulah temen2 gw yang ngeracuni gw untuk bilang ; saya nikahkan dengan seperangkat alat band lah, alat sunat lah, sex toys lah sampe alat buat gulali..easianyink pada.

     Bismilah Ya Allah apal doong.

Anjiirrr, kenapa gak apal apal ini mantraaa...?

    Akhirnya yaak sampe juga di gedung, gw pun turun dengan grogi, aduh mak gini ya rasanya jadi nganten, deg deg syur gmn gono. udah gw langsung pd aja jalan kedalem sebelom diberintiin tante2 gw 

"Wooy mao kemane lo?"

"Lah? Pan mao kawin, kedalem.."

"Astaga, lo kira maen masuk aja gitu woy? baris dulu diluar"

Jiailah, ngapa pake baris2 sih? emang mao periksa kuku? pada gak tau gw udah ngebet apa?

Turun mobil, gw langsung aja greges kedalem. itu kang ojek payung sampe bingung ngikutin gw

    Ooh ternyata emang harus baris2 dulu yak sodara2? Ceritanya pake salamulekum trs disambut gitu..yaah mana gw ngarti, belom pernah kawin kan eyke. Lagian gw ditarok di paling depan.

Oh begini caranya, kakak gw pake nyengir lagi, pasti udah sempet sarapan doi. enak bener.


    Dan akhirnya setelah negosiasi yg (gak) alot (sama sekali) berhasil juga gw dan keluarga masuk. Heran, ni gedung udah gw lunasin DPnya masih aja masuknya pake ijin2 segala? Dan tibalah gw di meja kramat itu. Duuh blm apaaal gimana dong nih?

Sembari nunggu pacar gw keluar, gw sempet coba apalin beberapa kali, tapi tetep gak nyangkut di kepala 

Bokap gw tampak terkantuk2 karena tadi malam gw ganggu tidurnya dengan auman singa, sementara nyokap dan ibu mertua gw ikutan aja. Biar dibilang kompak

Apal juga belom, penonton udah berdatangan, duh gimana dong?


    Ah sudah lah, apa yang terjadi terjadilah, yang penting niatnya bagus. Dan datang juga momen itu. Setelah asisten, eh pacar gw duduk disebelah gw, akadpun dimulai, dan tibalah saatnya gw mengucapkan kalimat sakti tersebut. Yes udah apal nih gw!

    Tapi apa yg terjadi sodara2? haduuww

    Gw diajarin bokap gw gini "Jadi, pas mertua lo goncang tangan, lo langsung ngomong! ngarti?" 

    Siap be! ada kali 278 kali bokap gw ngomong gitu dari seminggu yang lalu. Makanya nih gw tunggu2 tangan gw diguncang sekerasnya sama mertua gw...lah mana ini? gak digeber2 tangan gw? yaudah gw d gw diem ajalah, dari pada salah yekan?

    Tapi ini kok kerasa telapak tangan gw dikitik2 ya? Ya amplop, rupanya kodenya salah, jaka sembuung! SOS! 

    Entah lah, karena lain adat atau lain sekolah atau mungkin juga merk kopinya lain, terjadi ketidak sinambunagn nan isenergi antara pemahaman bokap dan mertua. 

    Kalo kata bokap tangan gw akan diguncang. CANG gitu. Ternyata mertua gw orangnya mungkin penuh kode dan etika, telapak tangan gw cuma dikilik2 doang..lah jadi kagak loncer gw akadnya..huhuhuh pak penghulu pegiman nee urusannye? masa batal? Tulungin doong...

    Ah ternyata bisa diulang..wwlkwkwk jadilah gw mengucapkan akad dua kali. sesuata yg di dunia persilatan dibilang tabu, gak jantan dan gak mantep..yee emang salah eyke? Bilang dong bakal terjadi berbagai macam kode..sekali lagi eyke kan blm pernah kewong weice. 

    Akhirnya mantplah gw mengucapkan akad itu, semua pada bersorak, Alhamdulilah, cuma satu orang yg abis alhamdulilah yang nyolek2 tangan gw sambil bilang "Suamiku..suamiku..uhuy" Kata yg disebelah gw ganjen, aiayjjaah bener juga yak, gw udah jadi laki orang. Akhirnya ni anak jadi bini gw juga hahaha, hepiii...

Yaudlah ya, nyok abis akad kita party ooy. Resepsi dah kita, dimana sodara dan sahabat2 pada datang, uhuy senangnya hatiku. 


Pelaminan gw neeehh


    Gedung yang kami sewa di bogor, nggak begitu gede, karena undangannya pun gak banyak kami sebar. Tapi ya amplop, kenapa manusia berjumpel2 gini ya? Rupanya diluar ujan ders bgt. pas ketika semua orang udah sampe. gw sanngat bersyukur ujan ini datangnya gak ngalangin orang dateng, tapi malah mencegah orang untuk pulang. MAINKAN DIJEEE



Putar ka kiriyeeee, ampun bang jago!

Makin asshooy...

Sampe pincang2


    Akhirnya party pun selesai, gw kembali ke hotel, tidur lagi sama bokap? Tak usye yee, gw kan udah punya bini. Jadi gw sekarang bukan kamar yg diujung itu loooh : Kamar Konsentrasi. 

    Setelah semua keluarga gw pulang ke depok, tersisalah beberapa keluarga Bogor, termasuk ibu mertua kandung gw dan bokap mertua gw. Asik nieh, weekend bareng lagi kita. sekarang statusnya sama2 penganten baru. 

    Tapi oh tapi apa yang terjadi?

    Setelah masuk kamar, bini gw bilang..."Yang, itu kenapa mamah ngeliat ke kamar kita terus ya?" pas gw liat di ujung yang lain, mertua gw lagi ngeliatin kamar gw aja dengan muka sedih..alamaak, mana bisa konsen klo gini yes? 

    "Tutup aja gordennya" kata gw 
    
    Tapi tetep, muka nyokap mertua gw udah tertato di otak kta berdua, iseng2 gw buka gorden lagi..astaga..doi masih ngeliatin aja, malah mukananya tambah sedih..ni begimane cerita sih? gw jadi bingung.

    "Yaudahlah, yuklah kita samperin aja" 

    Akhirnya malam itupun kita abisin kayak waktu kita masih pada pacaran. Double date sampai pagi. 

    Bukan cuma beruntung punya bini kek bini gw, tapi dilimpahin empat mertua yag luar biasa baik sama gw. Anugerah bgt. 

    Gw suka liat kalau temen2 gw suka males gaul sama mertuanya . Not mine. I've got the best coolest In Laws in the world. 

I love you darling. Happy 13th Anniversary


































Comments

Popular posts from this blog

Tiga Pergantian Vokalis Band Rock Paling Sukses Dan Masih Berlanjut Sampai Sekarang

Tips Dateng ke Kondangan Mantan (buat Yang Belom Rela)